Selasa, 31 Maret 2015

Kasus 2-1 Apakah Klasifikasi Akuntansi Telah Ketinggalan Zaman ?

1.      Apakah anda setuju dengan pendapat yang dikemukakan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan dalam dunia saat ini ? Apakah usaha-usaha untuk mengklasifikasikan skuntansi tidak bermanfaat dan ketinggalan zaman ? Mengapa atau mengapa tidak ?
Jawaban : tidak setuju, karena akuntansi saat ini sudah cukup berkembang. Dalam proses penyajiannya sudah ada standarnya, seingga akan lebih mudah dalam proses pengambilan keputusan. Klasifikasi akuntansi sebenarnya memiliki manfaat bagi perkembangan akuntansi untuk mengetahui sejauh mana kegiatan akuntansi mampu mengembangkan sistem akuntansi yang sudah ada dilingkungan perusahaan untuk menghasilkan informasi dalam proses pengambilan keputusan.

2.      Beberapa pengamat berpendapat bahwa pelaporan keuangan semakin mirip di kalangan perusahaan “kelas dunia” perusahaan-perusahaan multinasional terbesar di dunia dan khususnya yang mencatatkan sahamnya di bursa efek utama seperti London, New York, dan Tokyo. Apakah relevansinya pendapat ini terhadap klasifikasi akuntansi dan apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini ?

Jawaban : pelaporan keuangan pada perusahaan “kelas dunia” saat ini sudah menyesuaikan dengan prinsip laporan keuangan perusahaan multinasional lainnya agar dapat digunakan sebagai sarana informasi bagi pengguna di seluruh dunia. Faktor yang dapat menyebabkan hal ini adalah kemajuan teknologi yang sangat cepat saat ini dalam mengakses informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar