Kamis, 24 Oktober 2013

Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2 (2) : Tugas Kelompok



Nama kelompok :
Khairunnisa Ain Sholihah (23211963)
Resty Puji Riati(26211010)


1.      Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar ? mengapa disebut fungsi utama ?

Manusia merupakan makhluk hidup yang membutuhkan interaksi antar manusia di lingkungan sekitarnya . manusia tanpa melakukan interaksi tidak akan bisa hidup . fungsi komunikasi itu memang fungsi dasar dalam sebuah bahasa . karena bahasa digunakan sebagai alat komunikasi saluran perumusan maksud atau tujuan bicara kita kepada komunikan atau yang menerima pesan lisan dari mulut kita dan dapat memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan orang lain .

Bahasa dapat di disampaikan dengan 2 (dua) cara yaitu melalui lisan dan melalui tulisan . bahas yang dikeluarkan secara lisan dapat dihasilkan oleh alat ucap manusia berupa rangkaian bunyi dan diperkuat gerakan badan untuk meyakinkan bahasa lisan yang akan disampaikan kepada pendengarnya . selain bahasa , ada beberapa cara dapat dilakukan untuk berkomunikasi seperti asap api , gendang dan lukisan . sekarang kita membicarakan orang tidak bisa berbicara bagaimana cara dia untuk berkomunikasi dengan orang banyak . dia hanya menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan pesan kepada komunikan .

Sebagai sarana komunikasi , bahasa mempunyai fungsi utama . dimana dapat dijelaskan bahwa komunikasi bahasa ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain . keterkaitan dan keterkaitan bahasa dengan manusia menyebabkan bahasa tidak tetap dan selalu berubah seiring perubahan kegiata manusia dalam kehidupannya dimasyarakat . perubahan bahasa dapat terjadi bukan hanya berupa pengembangan dan perluasan , melainkan berupa kemunduran sejalan dengan perubahan yangdialami masyarakat .terutama pada penggunaan fungsi komunikasi pada bahasa asing contoh bahasa sebagai alat komunikasi berupa : alat-alat yang dipergunakan untuk berkomunikasi misalnya gerak  badani , alat bunyi-bunyian , gambar dan lain-lain . sebagai contoh bahasa yang ada dimasyarakat lebih sering mengenal ungkapan “No Smoking” dari pada “dilarang merokok” ,”STOP” untuk “Berhenti”, “ Exit “ untuk “keluar ” , “Time” untuk “waktu”. Jadi bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya dengan menggunakan satu bahasa melainkan dapat menggunakan berbagai cara dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan kepada komunikan .

2.      Apa fungsi alamibahasadanfungsibuatan!
jawab:
Menurut Cecep Sumarna (2006:237) Bahasa dapat di golongan menjadi dua, yakni : bahasa alami (bahasa sehari-hari yang biasa digunakan) dan bahasa buatan.

Masing-masing penggolongan ini, memilki cabang tertentu. 
1.      Bahasa alami dibagi lagi menjadi dua:

1.      Bahasa isyarat, dibagi menjadi dua :

a.       Bahasa isyarat buatan (berlaku khusus). Dan hanya untuk orang khusus. Bahasa dan symbol yang digunakan dan hanya berlaku untuk orang-orang khusus. Misalnya, bahasa yang digunakan oleh orang-orang bisu, hanya berlaku untuk orang bisu. Atau misalnya, simbol-simbol tertentu yang biasanya digunakan oleh para intel, biasanya digunakan dan hanya berlaku untuk para intel juga 

b.      Bahasa isyarat biasa yang berlaku umum. Artinya difahami bersama, yakni menyetujui suatu rumusan yang dimintakan persetujuan kepadanya. Menggeleng juga sama, ia adalah bahasa isyarat biasa yang berlaku umum, yakni tidak menyetujui apa yang dimintakan persetujuan kepada orang yang menggeleng itu. 

2.      Bahasa biasa, biasanya digunakan untuk komunikasi harian. Symbol sebagai pengandung arti dalam suatu bahasa, disebut kata. Arti yang dikandung disebut makna. Makna kata dalam bahasa biasa, dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu :

a.       Kata tertentu, untuk arti tertentu. Kata dimaksud dalam bahasa Indonesia disebut dengan denotasi. Denotasi adalah makna yang sebenarnya, misalnya, puncak  mengandung arti batas ketingggian sebuah gunung.

b.      Kata tertentu untuk sesuatu tertentu yang berbeda atau memilki makna yang dikandung oleh kata tertentu. Kata puncak tadi, dapat berarti lain, ketika kaliamt yang disusun menjadi : " Soeharto adalah puncak kejayaan republic Indonesia, di zaman orde baru". Kata puncak untuk kalimat kedua, tidak lain disebut konotatif.

2.      Bahasa Buatan

Bahasa buatan disusun berdasarkan pertimbangan akal semata.Kata yang terkandung dari jenis ini disebut dengan istilah, arti yang terkandung disebut konsep.Bahasa buatan dapat dibagi menjadi dua, yaitu :

1.      Bahasa istilah, rumusannya diambil dari bahasa biasa dan sering memunculkan kekaburan makna jika tidak diberi penjelasan sesuai dengan bidang keilmuan yang tercangkup dari bahasa yang dimaksud. Misalnya, kata demokrasi. Kata ini dapat melahirkan kekaburan makna jika tidak dijelaskan oleh mereka yang kompeten dibidang ilmu poitik dan pendidikan kewarganegaraan.

2.      Bahasa artificial adalah murni bahasa buatan. Bahasa ini sering disebut sebagai bahasa simbolik. Bahasa ini umumnya digunakan untuk rumusan logika matematika dan rumus logika statistik. Misalnya biasanya, 4 X 4 = 16. Atau 43 X 20 = 680. Simbol-simbol bahasa ini, disebut dengan bahasa artificial (logika matematika). Dalam logika statistik, dapat pula dirumuskan ({a = b} ^ {b = c} atau {a = c}).

3.      Bahasa Ilmiah 
Bahasa ilmiah adalah bahasa buatan.Bukan bahasa alami. Penyebutan bahasa ilmiah sebagai bahasa buatan didorong suatu rumusan bahwa bahasa alami cendrung sewenang-wenang dan sekehendak hati. Sedangkan bahasa buatan, dituntut memiliki kaidah tertentu. Logika tertentu dan cendrung lebih konseptual dibangdingkan dengan bahasa alami. Menurut Cecep Sumarna (2006:239) mengatakan ciri-ciri bahasa ilmiah cenderung :

1. Didasarkan atas pemikiran.
2. Sekehendak hati.
3. Menuntut kemungkinan dialog/diskusi (logic dan memiliki arti yang mendalam)
4. Sifatnya berbentuk pernyataan tidak langsung.
5. Bahasa ilmiah cendrung  deklaratif – dapat dinilai benar dan salah, affirmative yang bersifat informative dan sekaligus neutral positif (kalimat berita). Bahasa ini cendrung mengabaikan dimensi justifikasi dan mengaabaikan sama sekali kecendrungan-kecendrungan subjektif.



Opini :
Menurut saya, yang  dimaksud dengan bahasa alami atau bahasa sehari-hari adalah bahasa yang tidak baku atau bahasa yang tidak formal digunakan untuk komunikasi dengan  orang di sekitar namun mempunyai pengertian atau maksud yang sama.
Dan bahasa buatan adalah bahasa yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menggambarkan sesuatu hal dan dengan pengucapan kata yang berbeda atau tidakbiasa.


2.Apa yang disebut metakomunikasi ....

Diawali dengan kata “Meta” yang berasal dari bahasa Yunani, yang berarti luar atau samping, maka jika digabungkan dengan kata “Komunikasi” akan berarti “ada sesuatu selain atau disamping komunikasi” atau jika lebih disederhanakan penerapannya akan menjadi komunikasi tentang komunikasi; meta-bahasa adalah bahasa tentang bahasa; meta-pesanadalah pesan tentang pesan.

Memahami Definisi Dan Konsep Metakomunikasi
Metakomunikasi harus kita sadari keberadaanya, hal ini penting mengingat pengaruh meta-komunikasi yang kuat akan selalumenyertai setiap pesan
.
“Metakomunikasi” :
- Merupakan uraian yang menggambarkan hubungan antara komunikator dan komunikan saat melakukan komunikasi. Metakomunikasi dapat berupa pesan verbal dan non verbal. Contohnya dengan tetap tersenyum walaupun sedang marah
- Metakomunikasi adalah suatu komentar terhadap isi pembicaraan dan sifat hubungan antara yang berbicara, yaitu pesan di dalam pesan yang menyampaikan sikap dan perasaan pengirim terhadap pendengar.
Konsep metakomunikasi dapat diilustrasikan sebagai berikut, Anda dapat berkomunikasi tentang semua hal yang ada didunia - tentang meja dan kursi dimana Anda sedang duduk didepan komputer yang sedang Anda gunakan, atau tentangbagian yang sedang Anda baca sekarang, dan bahasa yang Anda gunakan sekarang adalah bahasa pemrograman.

 Sebut semua ini sebagai objek komunikasi, karena anda berbicara mengenai berbagai objek. Tapi perlu diperhatikanjuga bahwa Anda tidak terbatas untuk berbicara tentang objek, Anda juga bisa berbicara tentang berbicara Anda, Anda bisaberkomunikasi tentang komunikasi Anda, sehingga semua aktivitas ini dapat disebut sebagai metakomunikasi. Dengan cara yang sama, Anda pun bisa berkomunikasi menggunakan bahasa lainnya (meta-bahasa) untuk berbicara tentang bahasadengan menggunakan bahasa pemrograman.

Perbedaan antara objek komunikasi dan meta-komunikasi bukan hanya secara keilmuan, hal itu sangatlah terlalu sederhana, oleh karena perlu diketahui bahwa perbedaan diantara kedua bentuk komunikasi tersebut sangat pentingdipahami guna menghindari berbagai kerancuan dan konflik dari berbagai interaksi komunikasi interpersonal.
Sebenarnya, Kita menggunakan perbedaan ini setiap hari, namun tidak menyadarinya. Misalnya, ketika Kita mengirimkomentar di sebuah forum jejaring sosial kepada seseorang dengan komentar bernada sinis namun kemudian meletakkansmiley di akhir komentar. Dengan mengkomunikasikan smiley, bagi komunikan dapat dimaknai sebagai “pesan yang tidakdipahami secara harfiah, melainkan dapat dipahami bahwa dalam pesan tersebut komunikator sedang mencobamenyampaikan humor.“ Dengan demikian kedudukan smiley adalah sebagai metapesan, merupakan pesan tentang pesan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar